Rabu, 10 Desember 2014

Cara Mudah Jago Bahasa Inggris - Listening



era pasar bebas semakin dekat, ya pasar ebbeas. karena pergaulan bebas, eranya sudah dimulai dari tahun tahun sebelumnya. LOL. Dalam pasar bebas, kemampuan bahasa menjadi salah satu kompetensi yang sifatnya krusial. kita tidak mungkin bekerja dengan menggunakan bahasa tarzan kan?

Bahasa inggris termasuk ke dalam bahasa internasional, mau english british atau english US, sama sama bahasa inggris, dan sebenarnya penekanan perbedaan lebih ke arah dialeknya -kalau menurut gue-.

skill berbahasa inggris bisa dibagi menjadi beberapa kompetensi dasar, membaca, menulis, mendengarkan, berbicara, belum termasuk grammar dan vocabulary tentunya. Skill mendengarkan atau listening, merupakan skill yang agak tricky kalau dibandingkan dengan membaca aka reading.

Untuk meningkatkan kompetensi mendengarkan, bisa dengan banyak banyak latihan mendengarkan, bisa dengan cara apapun yang kita bisa. Via radio, musik, film, atau malah, podcast. Podcast, adalah rekaman suara suatu program audio, biasanya dari radio, yang kemudian disimpan dan bisa diunduh secara online pada web web resmi pemilih program. saya sendiri banyak mendengarkan podcast dari BBC, dengan beberapa pertimbangan sebagai berikut:
1. english - british lebih menantang dibandingkan dengan english - US. jika anda sudah berhasil menakhlukkan english british, kemungkinan anda akan sukses dengan english US, tapi sifatnya bukan vice versa.
2. english british lebih sopan, dengan sangat terbatasnya kosakata yang tidak seharusnya kita kenal.
3. podcast dari BBC sejauh ini yang sudah bisa saya akses dengan mudah, dan lancar.

Podcast bbc sendiri dibagi menjadi beberapa kategori. kebanyakan adalah program yang memang dibawakan oleh BBC, misalnya Documentaries, world service, inside science, dll. Bisa juga didasarkan statiun radio yang menyiarkannya, atau berdasarkan genre podcast.
Namun dari semua program tersebut, ada beberapa program yang saya rekomendasikan, highly recomend.

1. 6 Minutes English


Link: http://www.bbc.co.uk/podcasts/series/6min
Dirancang untuk belajar, percakapan diatur dengan tempo yang cenderung lambat, sehingga semua non-native listener dimungkinkan untuk mendengar setiap kata dengan jelas. Setiap minggu akan diupload satu rekaman dengan durasi sekitar 6 menit, mengangkat tema yang berbeda beda setiap minggunya. Ada percakapan inti, namun dalam percakapan juga ditambahkan perbendaharaan kata yang ebrkaitan dengan tema inti, disertai dengan deskripsi dari masing masing kata baru tersebut.
Difficulty: Low
Importance: High
Availability: Limited

2. BBC ELT drama

Link: http://www.bbc.co.uk/podcasts/series/elt_drama
Program baru dari BBC, berupa mini drama series dengan main plot sederhana. Cerita pertama, tentang petualangan Phill mengelilingi dunia dalam waktu 80 hari dengan yacht. Ceritanya memang sederhana, vocabulary yang digunakan juga kata kata umum yang biasa kita dengar. memang sepertinya sengaja dirancang untuk pemula yang sedang belajar mendengarkan.
Difficulty: Low
Importance: High
Availability: Limited

3.  Documentaries



Link: http://www.bbc.co.uk/podcasts/series/docarchive
Program dokumenter murni, dengan ilmu pengetahuan. beberapa berupa reportase langsung dari lokasi dan wawancara dengan narasumber. karena memang bukan dirancang untuk belajar, percakapannya terkadang terlalu cepat untuk orang yang baru belajar mendengarkan. namun kelebihan dari podcast ini adalah beritanya diangkat secara mendalam dan menyeluruh, klasik seperti dokumenter pada umumnya.
Difficulty: Medium
Importance: High
Availability: Maybe after doomsday

4. Inside Science

Link: http://www.bbc.co.uk/podcasts/series/inscience
Hampir serupa dengan Documentaries, BBC Inside Science mengangkat isu science and technology. Perbedaan mendasar dengan Documentaries, Inside Science lebih banyak berupa talkshow dengan narasumber di dalam studio, talkshow literally, ada satu host dan anda bisa mendengarkan percakapan antara host dan narasumber (pada documentaries, lebih banyak informasi satu arah dari narasumber). Inside science tidak selalu meng-cover suatu issue secara menyeluruh, tetapi lebih banyak issue issue yang sedang populer, dan dalam satu episode, bisa diangkat 3-4 issue yang sedang hangat di Dunia (khususnya UK)
Difficulty: Medium
Importance: High
Availability: Maybe after doomsday

5. Listening Project


Link: http://www.bbc.co.uk/podcasts/series/bbclp
Khusus untuk program yang satu ini, lebih ke arah preferensi pribadi. Kaitannya ada, walaupun sedikit, dan bisa dikatakan agak vital. hehehe
Konsep acaranya sederhana, 'talking to anyone you care about, about everything you care about.' percakapan antara teman, sahabat, keluarga, partner, atau siapapun yang kamu peduli -dan dia peduli dengan anda-. dalams atu episode biasanya ada 3-4 percakapan singkat, dengan background geografi yang bermacam macam. kendalanya mungkin dialek yang jauh lebih susah dari english british secara umum, yah mungkin kalau kita macam orang batak, jawa ngapak, papua, dll.
saya pribadi suka dengan issue yang dibawakan, beberapa kali sangat lugas, tapi tak jarang begitu menyentuh sehingga banyak terdengar isak tangis di tengah percakapan. kalau anda termasuk yang bermental menye menye, mungkin pikir pikir dulu sebelum donwload podcastnya. lol
Difficulty: High
Importance: Low - Medium
Availability: Maybe after doomsday

Tidak ada komentar:

Posting Komentar