Selasa, 16 Desember 2014

Review: Exodus - Film Bagus yang Gak Bagus Bagus Amat

Tadi malam gue nonton Exodus, film yang masih hangat di jejeran box office movies. Ada alasan lain penyebab gue penasaran sama film ini. Film lain yang mengangkat kisah dari kitab suci, Noah, dilarang beredar di Indonesia, sehingga gue ingin tahu, kisahnya seperti apa kalu Exodus ini sehingga tidak beredar di Indonesia.



Karena memang diangkat dari Alkitab, mak jangan heran kalau ada perbedaan dengan versi Al Qur'an. So far, gue menemukan beberapa glitch yang membuat gue tergelitik untuk posting tentang ini.

1. Musa tidak dihayutkan oleh ibunya, tetapi dibawa oleh kakaknya ke lingkungan kerajaan
Sejak jaman SD, gue selalu mendapatkan cerita bahwa bayi musa dihanyutkan di Sungai Nil oleh ibunya. Lah di film, musa dibawa oleh kakaknya, Miriam ke perempuan yang kelak menjadi ibu angkatnya di Memphis.

2. Musa tidak memiliki tongkat
Musa tidak pernah mendapatkan tongkat ajaibnya. Dan satu satunya device yang dia gunakan dalam cerita adalah pedang emas dari jaman dia masih menjadi anak raja.

3. Musa tidak membelah laut
Implikasi dari poin sebelumnya, maka semua magic related thingies otomatis hilang dari film. Tidak ada adegan Musa mengubah tongkatnya menjadi ular yang kemudian memakan ular ular penyihir Firaun yang terbuat dari simpul tali. Tidak ada juga adegan yang paling vital, dimana Musa membelah laut merah setelah memukulkan tongkatnya.

4. Musa adalah pemimpin Harun
Dalam versi Islam, Musa bahkan pada masa masa awal belajar menjadi nabi, dia berguru kepada Nabi Harun. Di film, memang dinyatakan bahwa mereka bersaudara, tapi lebih ke Harun adalah bagian dari kelompok Musa.

Khusus untuk tahun 2 dan 3, mungkin supaya film ini sedikit lebih realistis dan humanis, bukan terlihat sebagai magic yang gak masuk akal. Bisa jadi, karena di luar sana semakin banyak kaum agnostik. Bisa jadi karena magic yang berlebihan untuk tahun 2014, mereka semakin agnostik.

Overall, gue mendapatkan gambaran yang lebih manusiawi dari film ini, walaupun gue masih harus mengecek ulang, apa betul seperti itu (dalam versi islam). Worthed to try, tapi perlu persiapan adegan jagal, perang berlumur darah, dan atau siap siap mengantuk karena durasi film yang cukup lama (kurang lebih 135 menit).

 __________________________________________________________________________
Bonus: Christian Bale keren, sayang setelah menjadi nabi, kebanyakan scene justru berisi penampilan dia yang acak adut. Kucel, dekil, rambut awut awutan, ah.. sepertinya dia tidak membawa beberapa Bat Device. (lol, gue lupa ini Film tentang Moses, bukan Bruce Wayne)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar